Selasa, 25 Oktober 2016

LAGU LAGU PERJUANGAN




LAGU LAGU MENUJU 
SATU JUTA BERSIH5

Sejarah memperlihatkan kepada kita ada banyak lagu yang berhasil menjadi api pembakar semangat, yang menggerakkan rakyat untuk melawan ketidakadilan. Tidak hanya itu, lagu juga seringkali menjadi “penyambung lidah” rakyat tertindas.
Berikut  lagu protes paling populer di dunia sepanjang sejarah versi versi New Statesman, sebuah majalah politik dan kebudayaan di London, Inggris. Majalah ini sudah berdiri sejak tahun 1913 dan, konon kabarnya, didirikan oleh anggota Fabian Society.

IMAGINE



Lagu ‘Imagine’ ditulis dan dinyanyikan oleh musisi progressif John Lennon, pada tahun 1971. Kabarnya, lagu ini terinspirasi oleh puisi-puisi Yoko Ono di buku “Grapefruit” di tahun 1964.
Lagu Imagine mewakili mimpi John Lennon mengenai masa depan yang dicita-citakan: sebuah dunia tanpa negara, tanpa agama, dan tanpa kepemilikan, dan tanpa keserakahan dan kelaparan.
Sebagian orang menuding itu mimpi atau utopia. Tapi, John Lennon bilang, “you may say I’m a dreamer, but I’m not the only one/ I hope some day you’ll join us/ And the world will be as one. Lennon sendiri pernah berkelakar, “bayangkan, tidak ada agama, tidak ada negara, tidak ada politik, ini hampir mirip dengan Manifesto Komunis, meskipun meskipun aku tidak terlalu Komunis dan saya tidak tergabung dalam gerakan apapun.”
Obsesi Lennon itu tidak terlepas dari ketidakpuasannya terhadap keadaan. Di tahun 1960-an hingga 1970-an, John Lennon bersama The Beatles aktif dalam gerakan anti-perang, terutama menentang perang Vietnam.

WHERE HAVE ALL 
THE FLOWERS GONE?



Lagu Where Have All the Flowers Gone adalah lagu rakyat yang diciptakan dan dinyanyikan oleh penyanyi Kerakyatan Amerika, Pete Seeger. Lagu ini ditulis Peter Seeger di tahun 1945.
Lagu ini banyak terinspirasi oleh lagu-lagu rakyat Ukraina yang ada di dalam novel “And Quiet Flows the Don” karya novelis Soviet Michail Sholokhov.
Pete Seeger sendiri adalah pencipta banyak sekali lagu-lagu rakyat Amerika yang populer, seperti We Shall Overcome, If I Had a Hammer, dan Guantanamera.
Pete Seeger sudah 7 dekade lebih menekuni lagu-lagu rakyat dan banyak menginspirasi musisi kerakyatan lainnya. Tak heran, Bob Dylan menyebut dia “Santo”. Karena dukungan dan keterlibatannya dalam memperjuangkan hak-hak sipil, menentang perang, dan melawan segala bentuk keadilan, banyak yang mengusulkan Pete Seeger untuk mendapatkan nobel.
Pete Seeger sangat memegang kuat pernyataan Bertolt Brecht: seni bukanlah cermin untuk menangkap realitas, tetapi sebuah palu yang digunakan untuk membentuk itu. 
INTERNATIONALE


Inilah lagu yang membangkitkan klas tertindas dan terhisap di seluruh dunia untuk bangkit melawan. Inilah lagu “Internasionale”, karya Eugène Pottier, seorang buruh dan sekaligus sosialis Perancis.
Lagu ini sudah diterjemahkan dalam hampir semua bahasa di seluruh dunia. Lagu ini menjadi lagu kaum proletar di seluruh dunia yang berjuang untuk pembebasan sejati, yakni sosialisme.
Lagu ini diciptakan oleh Pottier di bulan Juni 1871, di saat kaum buruh berhasil membangun kekuasaan proletar pertama di muka bumi, yakni Komune Paris. Pottier sendiri menjadi bagian dari pemerintahan revolusioner tersebut. Vladimir Lenin kemudian menulis, “Komune ditindas, akan tetapi Internasionale-nya Pottier menyebarkan ide-ide Komune ke seluruh penjuru dunia, dan sekarang lagu ini mempunyai daya hidup lebih daripada di waktu kapanpun.”
Lagu ini membakar semangat perlawanan siapa saja yang berjuang untuk keadilan sosial. Tidak hanya kaum sosialis dan kaum komunis. Sampai-sampai seorang demokrat radikal seperti Ki Hajar Dewantara tertarik untuk menerjemahkan lagu ini ke bahasa Indonesia.

UNDUR NAJIB UNDUR

Ini lagu anak anak  muda Malaysia yang mahu Najib Razak  seorang perncuri yang menyamar sebagai Perdana Menteri berundur.

-----------------

3 ulasan:

Awanama berkata...

Datang Islam.. hang jadi kapiaq. Kahkahkah..

Tu la x ngaji agama. Senang2 masuk api nuraka dan jadi bodoh.

Bigot mat2 serban ni mmg payah nak dihapuskan. Itu blom dikira di church, di kedai todi dgn 3-4 calit di dahi, di bahu dan lengan lagi.

X usah cakap banyak la pasal masjid. Pasal tumbangkan patung emas kat Batu Caves sekor tu pun cukup payah.

Utopia utopia.. bende boleh wat projek duit.. org bodoh cukup suka la

Awanama berkata...

bro masuk lg satu lagu melayu ni ... macik besah kat kampung nak dengar juga...
https://www.youtube.com/watch?v=kpIfJz1q40c&nohtml5=False

masuk juga lagu orang putih ni .. zahud idi nak dengar juga..
https://www.youtube.com/watch?v=jNZcf8WtBiY&nohtml5=False

Awanama berkata...

bro masuk lg satu lagu melayu ni ... macik besah kat kampung nak dengar juga...
https://www.youtube.com/watch?v=kpIfJz1q40c&nohtml5=False

masuk juga lagu orang putih ni .. zahud idi nak dengar juga..
https://www.youtube.com/watch?v=jNZcf8WtBiY&nohtml5=False